Minggu, 03 April 2011

MANFAAT CACING TANAH

Hampir sebagian masyarakat Indonesia masih menganggap cacing tanah sebagai binatang yang menjijikan. Padahal, sebenarnya binatang ini mempunyai peranan yang sangat penting bagi kehidupan manusia.

Simaklah kepedulian para ilmuwan dunia masa silam terhadap cacing tanah. Aristoteles yang ahli filsafat yunani banyak menaruh perhatian terhadap caing tanah, , lalu Charles Darwin pencetus teori evolusi terkenal banyak menghabiskan waktu untuk mengamati kehidupan cacing tanah, keduanya sama-sama memahami perlunya cacing tanah sebagai unsur penting organisme perut bumi. Bahkan Cleopatra si ratu cantik dari Mesir bahkan melarang petaninya menyentuh cacing tanah karena takut melukainya, pada zaman itu cacing tanah dipuja sebagai dewa kesuburan.
Cacing tanah memiliki beragam manfaat, mulai sebagai sumber protein bagi bahan baku pakan ternak dan ikan, alternative sumber protein hewani pengganti tepung ikan, bahan baku obat ( Typus, Maag, batuk, kencing manis, dan reumatik ) dan cacing tanah juga dijadikan bahan baku kosmetik. Berdasarkan penelitian, enzim yang terdapat pada tubuh cacing tanah terbukti mampu mengurangi gangguan pada sirkulasi darah manusia.

Fungsi utama cacing tanah merupakan “petugas” pengurai limbah organic. Olehnya, limbah organic bias dijadikan kompos, tak hanya itu, di Eropa, cacing dijadikan sebagai bahan baku makanan manusia seperti Worm Spaghetti, suprice cake, dan Worm burger.

Cacing tanah juga merupakan mahluk penghasil pupuk organic yang diberi nama kascing ( bekas cacing ), yang sangat berguna dalam pertanian. Kascing adalah sisa-sisa metabolisme berupa kotoran (faces) dan bahan makanan organic yang tidak dimakan oleh cacing tanah yang telah terdekomposisi secara sempurna.

Manfaat kascing tidak berbeda jauh dengan pupuk organic lainnya, pupuk kascing juga dapat meningkatkan daya serap air dan menetralkan PH tanah. Oleh karena air dan udara yang cukup, akhirnya aktivitas mikroba tanah meningkat dan pada gilirannya dapat memperbaiki struktur tanah. Kascing juga bisa menetralisir racun sehingga tidak mencemari lingkungan termasuk menambanh unsur hara baik makro maupun mikro. Bahkan pupuk kascing memiliki keunggulan dari pupuk organic lainnya, yaitu mengandung bakteri pengurai, aktinomisetes dan cendawan, serta zat pengatur tanaman.

Sumber : Agus Budi ( Pemerhati pertanian )


Artikel yang berkaitan



0 komentar:

Posting Komentar