Minggu, 03 April 2011

MENCARI DEMOKRASI

Penulis : Gie Antara

Demokrasi merupkan pilar penting didalam kehidupan bernegara, dan Indonesia telah berpengalaman melaksanakan berbagai system demokrasi, mulai dari demokrasi parlementer hingga demokrasi terpimpin, dan sekarang domokrasi pancasila diklaim sebagai bentuk demokrasi yang cocok dilaksanakan meskipun belum membuahkan hasil jika tak mau dikatakan gagal. Maka system demokrasi seperti apa lagi yang akan diterapkan oleh bangsa ini ??

Banyak ragam definisi dalam demokrasi, begitu juga tentang penerapannya. Demokrasi atau pengembangan demokrasi selalu merupakan proses panjang, dan demokrasi merupakan sistem pemerintahan yang paling mahal yang memakan waktu dan paling tidak efisien.

Demokrasi yang baik adalah demokrasi yang tidak pernah berhenti dan terus bergerak maju untuk mendapatkan solusi terbaik bagi bangsa, bukan hanya sekedar permainan politik dan demontrasi atas nama demokrasi itu sendiri.

Negara demokrasi adalah pilihan bangsa terutama pemerintah, jika hal ini terwujud mungkin Indonesia akan menjadi sebuah negara demokrasi terbesar, namun jika tidak, yang terjadi adalah politik silih berganti, yakni presiden terus berganti namun kebiasaaan buruk tetap berjalan.

Pencarian terhadap konsep demokrasi terus berjalan, sementara perbuatan-perbuatan yang tidak demokratis juga terus berjalan yang entah sampai kapan, barangkali demokrasi yang paling pas adalah demokrasi hari ini lebih baik daripada hari kemarin, dan hari esok harus lebih baik daripada hari ini.

Artikel yang berkaitan



0 komentar:

Posting Komentar